Tingkatan Kesejahteraan Masyarakat Pulau Kecil,Terluar, KKP Gelar Konsultasi Publik II

oleh -79 Dilihat

Ambon , Suaratmurnews.com Guna mendukung peningkatan kesejahteraan Masyarakat pulau-pulau kecil terluar yang tersebar pada Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya, maka Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menggelar Konsultasi Publik II, Penyusunan Rencana Zonasi Strategis Nasional Tertentu, Pulau-Pulau Kecil Terluar (RZ KSNT – PPKT) Klaster Maluku tahun 2023, untuk Pulau Larat, Pulau Marsela, Pulau Wetar dan Pulau Lirang, yang bertempat di Hotel The City, Selasa (5/12/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali IE, M.Si., IPU, Perwakilan Direktorat Perencanaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pimpinan INstansi Vertikal, Pimpinan OPD Terkait lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, para narasumber dan akademisi, dan unsur lainnya.

Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan sekda berharap agar kegiatan yang dilaksanakan ini nantinya akan berdampak positif untuk menentukan arah pemanfaatan Ruang Kawasan Strategis Nasional Tertentu, sekaligus sebagai landasan operasional untuk melaksanakan berbagai program Pembangunan dan pengembangan Kawasan di Provinsi Maluku.

“Dengan rencana zonasi Kawasan ini, sektor Pembangunan di bidang kelautan dan perikanan diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru guna meningkatkan ekonomi Masyarakat pesisir.” Ujarnya.

Sekda juga mengatakan penetapan zonasi yang dilakukan, diharapkan berdasarkan analisis kondisi dan potensi pengembangan sumberdaya hayati maupun non hayati termasuk lingkungan sekitar, karena proses Pembangunan maupun pengembangan Kawasan tidak akan mencapai sasaran jika tidak mempertimbangkan kondisi dan budaya lokal Masyarakat setempat. (*)