Gubernur Maluku Resmikan Gedung Perpustakaan Dan Gedung Lab MIPA IAIN Ambon

oleh -427 Dilihat
Gubernur Maluku Murad Ismail, didampingi Kepala Balai Prasarana Permukiman Wialayah Maluku Abdul Halil Kastella meresmikan Gedung Perpustakaan Dan Gedung Laboratorium MIPA Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon

Ambon-Suaratimurnews.com  Gubernur Maluku Murad Ismail, didampingi Kepala Balai Prasarana Permukiman Wialayah Maluku Abdul Halil Kastella meresmikan Gedung Perpustakaan Dan Gedung Laboratorium MIPA Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon di Kampus IAIN Ambon, STAIN.Sabtu (25/9/2021)

Peresmian  kedua gedung tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur dan peninjauan gedung yang rusak akibat musibah gempa bumi yang terjadi di Kota Ambon, tahun 2019 lalu.

Dalam sambutannya, atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, mantan Dankor Brimob Polri ini menyambut gembira pembangunan  dua gedung yang di nilai sangat strategis ini.

Ia pun berharap, pembangunan dua gedung tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan akademik kepada seluruh civitas akademika di lingkungan IAIN Ambon.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, musibah gempa bumi di Kota Ambon dan sekitarnya pada tahun 2019 yang lalu, telah mengakibatkan kerusakan pada sejumlah infrastruktur di Kota Ambon, termasuk gedung perpustakaan dan laboratorium di lingkungan IAIN Ambon.

Kondisi tersebut tentu sangat memprihatinkan, karena menganggu  proses akademika di  IAIN Ambon,” ujarnya.

Dikatakan, fungsi perpustakaan dan laboratorium adalah sebagai jantung ilmu pengetahuan yang menunjang seluruh aktivitas akademik di Perguruan Tinggi.

Oleh sebab itu, pasca gempa bumi tersebut, Pemprov Maluku telah memberi perhatian serius terhadap pembangunan kembali dua  fasilitas akademik yang sangat strategis ini.

“Saya berharap keberadaan gedung perpustakaan dan laboratorium MIPA dengan berbagai fasilitas yang baru dan megah ini, dapat digunakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh civitas akademika IAIN Ambon untuk mengolah, merawat, melestarikan, mengembangkan dan melahirkan karya-karya ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Maluku,” harapnya.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Maluku ini juga menyampaikan, saat ini, Pemprov Maluku tengah fokus untuk mengembangkan berbagai potensi sumber daya alam (SDA) kelautan yang dimiliki, sehingga kita memerlukan gagasan-gagasan yang inovatif dalam upaya mengelola dan mengembangkan potensi yang ada.

“Saya berharap, dengan berbagai fasilitas baru yang dimiliki IAIN Ambon saat ini, maka dapat mengambil peran keilmuan yang lebih besar lagi dalam upaya pembangunan dunia kelautan  dan pesisir yang sedang digalakan oleh Pemprov Maluku,” harapnya.

Berkaitan dengan hal itu, Pemprov Maluku, kata Gubernur, tentu akan memberikan dukungan kebijakan sesuai ketentuan dan kewenangan yang ada.

Apalagi keinginan tersebut sejalan dengan visi  Pemprov Maluku yakni, untuk mewujudkan Maluku yang terkelola secara jujur, bersih, dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan.

“Untuk itu, besar harapan saya, IAIN Ambon terus berkembang menjadi Perguruan Tinggi yang maju dan berkualitas.

Menjadi  MENJADI “Kawah Candra di muka” dalam melahirkan sumber daya manusia yang akan memberikan kontribusi dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, umat, bangsa dan negara,” tandas Gubernur.

Sementara itu Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Abdul Halil Kastella dalam laporannya menyebutkan Rehabilitasi dan Renovasi pembangunan gedung Perpustakaan dan Laboratorium IPA  Kampus IAIN Ambon, merupakan bagian program kementrian PUPR terhadap kerusakan infrastruktur yang terjadi 16 November 2019.

Menurut Dia pembangunan gedung Perpustakaan dan Laboratorium IPA Kampus IAIN Ambon, menggunakan dana APBN murni dari  Dirjend Cipta Karya Kementrian PUPR melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Maluku dalam dua tahap pembangunan tahun yakni  -2020-2021.

Pekerjaan pembangunan gedung ini mencakup dalam pekerjaan struktur, Asiktektur, dengan tipe  bangunan yang tahan gempa. Untuk itu  kita harapkan,  dengan diresmikan dua gedung tersebut mahasiswa dan dosen nantinya dapat menggunakan gedung ini dengan nyaman dalam proses belajar mengajar,” terangnya.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementrian PUPR Diana Kusumastuti dalam sambuntannya secara virtual menjelaskan penyediaan pasilitas pendidikan yang perlu kita perbaiki dan mempercepat proses pemulihannya.

Oleh karena ini sangat diperlukan terutama sarana pendidikan dalam mewujudkan bangunan kampus sesuai dengan fungsinya tentu harus memenuhi keselamatan ,kesehatan dan kenyamanan dengan ifisiensi dalam pengunaan sumber daya.

Untuk mempasilitasi pemulihan bencana ini, kementrian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku telah melakukan rehabilitasi terhadap kedua gedung Kampus IAIN Ambon yang telah kita selesaikan terlebih dahulu pada tahun 2020.

“Kita harapkan dengan diresmikannya kedua gedung ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin mengatakan Rehabilitasi dan Renonasi pembangunan gedung Perpustakaan dan Laboratorium IPA Kampus IAIN Ambon  bisa dapat berjalan dengan baik dan mempunyai hasil yang sangat maksimal sekali.

Acara peresmian dihadiri Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti (Secara virtual), Plh Sekda Maluku Sadali Ie, Kadis PU Muhammat Marasabessy, Ka Kanwil Agama Maluku Djamaluddin Bugis, Kepala Balai Sarana Pemukiman Wilayah Maluku Abdul Halil Kastella, Kabid Humas Polda Maluku M. Roem Ohoirat, Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo, Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin, para Dosen serta Civitas Akademika IAIN Ambon. (ST01)