Pj Walikota Ambon Menutup Puncak Acara Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

oleh -108 Dilihat

Ambon,-Suaratimurnews.com Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena secara resmi menutup kegiatan kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan dan peringatan hari HAM Sedunia yang ke 75 dengan tema ” Harmoni dalam Keberagaman” di Marina HotelS abtu,(09/12/2023).

Pj Walikota Ambon Bodewin Wattimena dalam sambutannya menyampaikan semua pihak baik pemerintah maupun elemen masyarakat harus berkomitmen, untuk bagaimana menghapus segala bentuk kekerasan dan menekankan hak asasi manusia di kota ambon,. Pemerintah juga berupaya untuk menegakkan hak asasi manusia di Kota Ambon yang kita cintai.

“Saya menginginkan pada suatu waktu tingkat kekerasan terhadap perempuan, terhadap anak dan juga pelanggaran hak asasi manusia di Kota Ambon akan terus berkurang.”pintanya.

Pemerintah Berkomitmen untuk melindungi anak-anak disabilitas, melindungi dan memberikan pendampingan kepada para korban kekerasan perempuan,anak dan lainnya. Karena Itu wujud dari tanggung jawab pemerintah yang mesti kita lakukan.”ujarnya

Bodewin mintakan seluruh elemen masyarakat bersama-sama dengan pemerintah kota, mewujudkannya,dan harus menjadi sebuah motivasi bagi kita semua, untuk bagaimana bisa memperjuangkan hak asasi manusia di Kota Ambon, serta memperjuangkan untuk mengurangi.

Pihaknya mengharapkan melalui kegiatan ini, Peningkatan pengetahuan tentang hak asasi manusia terutama di kalangan generasi muda,, dapat menginspirasi masyarakat untuk menciptakan gerakan kemanusiaan bersama, sambil memberdayakan mereka yang sementara terus memperjuangkan dan melindungi hak-hak mereka.

Sementara itu Plt Komnas HAM Perwakilan Maluku Anselmus Sowa Bolen mengatakan pemerintah dalam pemenuhan hak asasi manusia menjamin keterjangkauan hak mobilitas, hak kesehatan,hak pangan,dan juga hak kebutuhan dasar yang merata.

Tak hanya itu pembangunan sumber daya manusia yang memastikan penurunan stunting,keterjangkauan pendidikan yang memadai,serta kesejahteraan kesetaraan kesempatan bagi penyandang disabilitas.

“Kami ingin menyampaikan apresiasi kepada pemerintah, yang telah mengakui dan menyelesaikan 12 kasus pelanggaran HAM yang sangat berat. yang telah terjadi pada berbagai peristiwa di tanah air “ungkapnya.

Turut Hadir pada acara ini Pj walikota Ambon ,Ketua Tim Penggerak PKK kota Ambon Lisa Wattimena, Kakanwil Kemenkumham Provinsi Maluku, Kepala Dinas PK3AMD kota Ambon, YWP yayasan walang perempuan, dan Pimpinan OPD lingkup Pemerintah kota.(ST03)