Alami Kerusakan,Yermias Usulkan Perbaikan Dermaga Dawelor-Dawera

oleh -503 Dilihat

Ambon,-Suaratimurnews.com.- Anggota DPRD Provinsi Maluku asal Dapil Maluku Barat Daya-Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Anos Yeremias mengatakan, sejak dermaga Dawelor-Dawera, mengalami kerusakan, dirinya sudah mengusulkan ke pihak-pihak terkait untuk segera dilakukan perbaikan. Karena ditakutkan kerusakannya semakin parah karena cuaca ekstrim .

“kerusakan dermaga itu pada tahun 2021 kemarin, saya sudah laporkan ke wilayah kerja Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP) Saumlaki. Saat itu disampaikan Pak Hasan akan diusulkan ke Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Perhubungan Laut, untuk dilakukan penanganan perbaikan,” ujar Yeremias, kepada awak media, Kamis (6/1).

Dikatakan, pekerjaan dermaga Dawelor dan Dawera itu sudah cukup lama.

” Soal perencanaan kami tidak tahu persis. Demikian soal gelombang dan lain-lain dipelabuhan itu saya tidak tahu pasti kapan, gelombang bergelora dan kapan dia berlandai-landai,”sebutnya.

Ingat Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Maluku ketika dirinya konfirmasi, namun ada recofusing APBN ini sehingga belum disampaikan apakah, penanganan darurat atau perbaikan renovasi pelabuhan Dawelor dan Dawera itu kapan bisa dilaksanakan. “Jadi memang kerusakan dermaga Dawelor dan Dawera juga sudah pernah disampaikan Camat Dawelor-Dawera. Memang sudah lama. Dan ketika itu setelah disampaikan ditindaklanjuti ke pihak terkait, yakni KSOP, Dinas Perhubungan Maluku, dan juga UPP Saumlaki,”paparnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dermaga Dawelor dan Dawera, Kabupaten Maluku Barat Daya, dilaporkan rusak parah. Dermaga laut didaerah itu rusak karena dihantam ombak besar. Diduga struktur dermaga laut itu dibangun tidak sesuai bestek, sehingga mudah rusak.

Latupati Dawelor dan Dawera, Feri Nelson Saily, tidak mengetahui kapan dermaga itu dibangun. Namun, dia mengaku, setiap tahun dermaga yang dibangun puluhan miliar itu sering rusak.”Jadi setiap tahun dermaga mengalami kerusakan. Proses pengerjaannya juga tak kunjung selesai,” kata Saily

Apalagi, ingat dia, cuaca alam yang dibarengi angin kencang dan ombak tinggi, mengakibatkan dermaga itu rusak parah.

Untuk itu, dia berharap, dermaga itu segera diperhatikan untuk dibangun agar aktivitas bongkar muat di dermaga itu berjalan lancar,” harapnya.(*)