Terkait  Isu Pemindahan Lokasi  Ambon New Port, Ini Tanggapan Anggota DPRD Maluku

oleh -342 Dilihat
Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku Yance Wenno

Ambon –Suaratimurnews.com  Masih adanya polemik di kalangan masyarakat Desa Waai, Kecamatan Saluhutu, Kabupaten Maluku Tengah, membuat pembangunan Ambon New Port terancam ditunda, bahkan berderar isu saat ini, pembangunan proyek nasional itu akan dipindahkan ke daerah lainnya,

Menanggapi isu dimaksud, Wakil Ketua Komisi I DPRD Maluku, yance Wenno menilai jika dipindahkan, selain Maluku Tenggara, wilayah seram juga dirasa paling baik. Karena dari sisi lahan masih tersedia sangat luas.

“Kalau bisa ambil lahan yang tidak ada penduduk, supaya tidak menimbulkan persoalan baru dengan relokasi masyarakat,”ujar Wenno di kantor DPRD Maluku, rabu (27/10/2021).

Menurutnya, relokasi warga untuk pembebasan lahan, bukanlah hal gampang, bahkan bisa terjadi konflik.

“Yang pasti memilih kawasan yang sama sekali tidak ada pemukiman, sehingga tidak ada beban untuk relokasi. Untuk lahannya yang penting masih dalam Maluku, sehingga tidak dirugikan,”ucapnya.

Terkait anggaran, dirinya meminta Pemerintah Pusat harus transparan, jangan hanya janji manis untuk menyenangkan hati Maluku.

“Jangan cuma janji pempus untuk menyenangkan hati masyrakat Maluku, namun tidak ada realisasi. Untuk itu, anggaran pembangunan harus transparan,”(ST01)