PON XX, KONI Maluku: Dipredikasi ada Kejutan dari Cabor Diluar Prioritas

oleh -179 Dilihat

Ambon,-Suaratimurnews.com Guna meningkatkan prestasi olahraga di Tingkat Nasional, KONI Provinsi Maluku telah membuat grand design dengan salah satu muatannya yakni menetapkan 5 cabang olahraga (Cabor) sebagai prioritas dalam merebut medali emas di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021-Papua.

Humas KONI Maluku Izack Tulalessy  menuturkan, dukungan terus diberikan kepada cabor berprestasi dengan harapan memacu semangat cabor lainnya untuk turut menorehkan prestasi terbaik.

Dari hasil evaluasi setelah melewati program persiapan umum, persiapan khusus dan ada dalam program pra kompetisi, Tulalessy mengaku ada beberapa cabor diluar 5 cabor prioritas yang menunjukan peningkatan signifikan. Bahkan diperkirakan cabor-cabor tersebut mampu memberikan kejutan di PON Papua, mengingat semua cabor memiliki kesempatan dan peluang untuk berprestasi.

“Evaluasi KONI, mereka semakin semangat untuk membuktikan prestasi atau pencapaian mereka di PON,” ujar Tulalessy.

Sejauh ini, 5 cabor yang diandalkan Maluku sebagai penyumbang medali emas berdasarkan peta kekuatan yakni, atletik 2 emas, dayung 2 emas, kempo 1 emas, muaythai 2 medali emas, dan tinju 1 emas.

Sebagaimana diketahui, menuju PON XX/2021-Papua, sebanyak 46 atlet, 20 pelatih dan 6 teknisi dari 14 cabor akan mewakili Provinsi Maluku.

14  cabor tersebut yakni Anggar, Atletik, Balap Motor, Catur, Dayung, Layar, Karate, Kempo, Muaythai, Panjat Tebing, Selam, Taekwondo, Tinju dan Wushu.(*)