Jaga Stabilitas Bahan Pokok, Bapanas Gelar Pangan Murah di Negeri Batu Merah Ambon

oleh -28 Dilihat

Ambon,Suaratimurnews.com Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon menjadi sasaran program Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada Kamis (4/4/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, yang hadir membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa GPM bukan kali pertama diadakan di Ambon. Tahun sebelumnya, program serupa telah dijalankan dengan tujuan yang sama.

“Tujuannya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, sehingga daya beli mereka meningkat dan kebutuhan mereka terpenuhi,” ujar Wattimena.

Lebih lanjut, Wattimena menjelaskan bahwa GPM juga merupakan upaya pemerintah pusat dan daerah untuk menekan laju inflasi yang sedang terjadi.

“Selain GPM, Pemkot Ambon juga telah menjalankan program pasar murah di dua titik, yaitu di Dusun Taeno, Negeri Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, dan Pattimura Park,” terang Wattimena.

Pemerintah Kota Ambon dan Bapanas akan terus berkolaborasi untuk menjangkau seluruh wilayah di Ambon, terutama komunitas Muslim, agar terjadi pemerataan distribusi bahan pokok.

“Kerja sama dengan stakeholder lain, seperti Perum Bulog, juga akan dilakukan untuk mendistribusikan beras, minyak goreng, dan kebutuhan lainnya di desa-desa negeri sesuai dengan kebutuhan,” pungkas Wattimena.

Program GPM di Negeri Batu Merah mendapat sambutan positif dari masyarakat. Salah seorang warga, Ibu Rini, mengatakan bahwa program ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

“Harganya jauh lebih murah dibandingkan di pasar biasa. Saya bisa menghemat banyak uang dengan berbelanja di sini,” ungkap Ibu Rini.

Diharapkan program GPM dapat membantu masyarakat dalam menghadapi inflasi dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H dengan lebih tenang.(*)