BI Maluku Siapkan Rp 936,6 Miliar Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri 2024

oleh -169 Dilihat

Ambon, Suaratimurnews.com Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Maluku menyiapkan uang layak edar sebanyak Rp 936,6 Miliar untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang Rupiah pada momen Ramadan dan Idulfitri 2024.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan kita dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terutama dalam memperoleh uang layak eder di bulan Ramadan dan rangkaian hari libur di idul Fitri nanti. Kata Kepala Perwakilan Bank’ Indonesia Provinsi Maluku Rawindra Ardiansah kepada wartawan usai “Kick off Serambi 2024 “Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri di halaman depan kantor tersebut Senin (18/3/2024)

Adapun BI meningkatkan persediaan uang layak edar dengan mempertimbangkan adanya potensi peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idul Fitri seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Menurutnya seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang pada momen Ramadan dan Idul Fitri dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024. Sebenarnya Kick off sudah mulai Pada tanggal 15 Maret 2024 , untuk Maluku hari ini baru di lakukan.” Ujarnya.

Adapun untuk mendukung layanan penukaran uang Rupiah bagi masyarakat, BI bekerja sama dengan perbankan menyediakan titik-titik layanan penukaran uang Rupiah masyarakat dapat melakukan penukaran uang Rupiah di 61 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh Maluku

BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang Rupiah melalui Layanan Kas Keliling, kalau tidak sempat masyarakat bisa datang ke layanan penukaran uang Rupiah melalui perbankan.

Di samping itu, BI juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital.

Lebih lanjut Rawindra menyampaikan, BI senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas program SERAMBI setiap tahunnya.”ungkapnya.(ST01)