BI Maluku Ajak Media Kunjungi Percetakan Uang Peruri

oleh -326 Dilihat

Ambon Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku mengajak 17 media untuk mengunjungi dan melihat langsung proses pencetakan uang Rupiah di Kawasan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) di Karawang, Provinsi Jawa Senin 24/7/2923

Hadir pada kunjungan tersebut Deputi Direktur Divisi Perumusan dan Implementasi Kantor BI Bali Andy Setyo Biwado didampingi Reinaldy Akbar Ariesha (Analis Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia,Fadel (Kepala Strategic Bussiness Unit Uang RI) wakili Manager Bank Indonesia Provinsi Maluku A. Yazid Niam.

Direktur Divisi Perumusan dan Implementasi Kantor BI Bali Andy Setyo Biwado mengatakan dalam kunjungan ini media dapat meningkatkan pemahamannya terkait proses pencetakan uang Rupiah serta memberikan penjelasan lebih jelas kepada masyarakat.

Dia menyebutkan Perurii mencetak uang atas pesanan BI, dalam kunjungan ini Kita akan melihat percetakan uang badan bagaimana prosesnya.

Kami juga memberikan apresiasi kepada Perurii dalam menerima kami, mudah-mudahan informasi badan data yang diberikan dari Peruri tentang proses percetakan uang dapat dipahami oleh media.

Sementara itu, Fadel selaku Kepala Strategic Business Unit (SBU) Uang Republik Indonesia Perum Peruri mengatakan Peruri selain melakukan pencetakan uang Rupiah juga mencetak sejumlah dokumen penting negara lainnya mengacu pada Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2019 yakni diantaranya pencetakan paspor, pita cukai, hingga dokumen pertanahan.

Pihaknya berharap dengan kunjungan para awak media atau jurnalis dari Maluku ini media juga dapat turut menggambarkan bagaimana proses pencetakan uang Rupiah.

Fadel mengatakan Perum Peruri mencetak uang disesuaikan dengan jumlah maupun jenis pecahan dan jadwal yang dipesan oleh Bank Indonesia.

“Semoga melalui kunjungan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Dalam kunjungan tersebut juga diisi pemaparan dan sosialisasi mengenai materi Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah yang disampaikan oleh Analis Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Reinaldy Akbar.

Rombongan tim media dari Maluku diberikan kesempatan untuk berkeliling melihat tahapan proses pencetakan uang di Kawasan Perum Peruri.(ST01)