Badan Penghubung Maluku Gelar Dialog Bersama Pemuda & Mahasiswa di Bandung

oleh -245 Dilihat

Bandung -Suaratimurnewscom- Badan Penghubung Provinsi Maluku, Jakarta telah melaksanakan Kegiatan “DIALOG BERSAMA PEMUDA DAN MAHASISWA MALUKU DI KOTA BANDUNG DENGAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI MALUKU” Di Mercure Hotels, Bandung Nexa Supratman, yang Bertemakan “Peran Pemuda dan Mahasiswa Maluku di Jawa Barat dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024″

Kegiatan ini berlangsung pada Hari Sabtu, 22 Juli 2023, yang dihadiri oleh beberapa Perwakilan Pejabat Daerah Maluku, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, Dr. Drs. H. R. Iip Hidajat, M.Pd, Kepala Badan Kesbangpol Kota Bandung, Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Maluku, Edmond Sinay, S.Sos, M.AP., Kepala Bidang Poldagri, Reni Ambarsari, mahasiswa/i asal Maluku yang meneruskan pendidikannya di Kota Bandung, dan Himpunan Mahasiswa Maluku se- Jawa Barat.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat Iip Hidajat, yang memaparkan tentang data dari DPTS KPU Jawa Barat, ada ± 37.750.000 orang pemilih, sehingga ada beberapa hal penting kedepan dalam menyambut dukungan Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada Tahun 2024 diharapkan dapat men-sinergikan tujuan antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Maluku bersama Himpunan Mahasiswa Maluku se-Jawa Barat, dimana kedepannya Mahasiswa/i yang sedang belajar diluar daerah dapat menjalankan tujuan program daerah, dengan :

1. Turut serta dalam meng-edukasi politik secara masif, aktif dan kondusif.

2. Ikut serta dalam Pengawasan Pemilu dan Pemilukada tahun 2024 bersama-sama.

3. Menyampaikan pesan informasi positif dalam bertoleransi serta keberagaman berlandaskan Pancasila.

4. Berpartisipasi aktif dalam menggunakan Hak Pilih didalam Pemilu dan Pemilukada di tahun 2024.

Sementaran itu dalam sambutannya, Kepala Badan Penghubung Provinsi Maluku Jakarta Saiful Indra Patta, S.STP, M.Si, selaku perwakilan dari Pemerintah Daerah Provinsi Maluku menghimbau agar dalam pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang, warga masyarakat Maluku terkhusus Mahasiswa di Kota Bandung, dan Provinsi Jawa Barat pada umumnya, dapat menjaga situasi kondusif dalam hubungannya dengan masyarakat Jawa Barat, serta menyalurkan hak pilihnya dengan baik.

“Peran serta itu dapat dikembangkan lebih luas dalam menjadi tertib sosial dalam mengawal pesta demokrasi di Jawa Barat.” Ujar Patta.

Dalam paparannya Edmond Sinay, S.Sos, M.AP, selaku Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Maluku, menyampaikan beberapa hal peran penting dalam mendukung suksesnya Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024 adalah dengan menjalankan;
1. Peran Kamtibmas Menjelang Pemilu dan sesudah Pemilu;
2. Peran Pemuda Pemula dalam menggunakan Hak Pilihnya sebagai Pemilih Pemuda;
3. Peran Ormas Kepemudaan untuk Mendukung Suksesnya Pemilu dan Pilkada serentak 2024;

Disamping itu, ia mengatakan Pemerintah telah menyusun Strategi Peningkatan Partisipasi Pemilih melalui :
1. Penguatan Internal (Kelembagaan);
2. Penguatan literasi melalui buku, kelompok data dan hasil;
3. penelitian, majalah, dan penjelasan teknis, melalui media sosial;
4. Kursus Pemilu;
5. Sosialisasi berbasis kelompok Ormas Kepemudaan;
6. Pendidikan Pemilih melalui komunitas.

Setelah itu dalam Sesi Diskusi, dapat disimpulkan ada beberapa poin penting untuk mendujung peran Pemuda dan Mahasiswa Maluku di Jawa Barat dalam men-sukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024″ antara lain:
1. Program Badan Penghubung telah dan akan terus berusaha untuk menghimpun seluruh mahasiswa di kota kota besar di Indonesia agar lebih memiliki visi dan misi secara utuh sehingga terciptanya kesatuan organisasi secara solid dan terukur baik visi dan misi sesuai dengan program program yang telah disusun oleh Pemerintah Provinsi Maluku.
2. Adanya Koordinasi lanjutan secara bertahap untuk dapat memfasilitasi Asrama bagi mahasiswa Maluku yang sedang menempuh Pendidikan di kota Bandung.
3. Tetap menjaga silahturahmi antar sesama Masyarakat Maluku untuk menciptakan rasa damai didalam lingkungan tempat tinggal.
4. Badan Penghubung Provinsi Maluku mewakili Pemerintah Provinsi Maluku akan tetap berusaha menampung masukan-masukan yang membangun untuk kedepannya dapat di fasilitasi secara berkesinambungan dan dapat berdampak positif bagi kemaslahatan masyarakat Maluku yang berada di perantauan.

Pada kesempatan itu juga Patta, mengajak kepada seluruh komponen Pemuda dan Mahasiswa di Kota Bandung untuk terus meningkatkan hubungan silahturahmi secara aktif antara Pemerintah Provinsi Maluku dengan Pemuda dan Mahasiswa Maluku di Kota Bandung dalam bentuk memberikan masukan berupa ide-ide positif sebagai bentuk ikhtiar kolosal demi kemajuan Provinsi Maluku. (*)