Mitchiel Tasane Resmi Dilantik Sebagai Anggota DPRD Maluku

oleh -415 Dilihat

Ambon- Suaratmurnews.com Mitchiel Frits Leonard Tasaney resmi menjabat Anggota DPRD Maluku sisa masa jabatan 2019-2024, menggantikan alm Murniaty Hentihu.

Hal ini ditandai dengan Pelantikan wakil rakyat dari daerah pemilihan Buru-Buru Selatan ini, oleh Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury menindaklanjuti keputusan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian nomor 161.81-5881 tahun 2021, dalam paripurna pengucapan sumpah/janji pengganti antar waktu (PAW) Anggota DPRD Provinsi Maluku, di baileo rakyat karang panjang, Ambon, jumat (14/01/2022). Turut dihadiri Wakil Gubernur Barnabas Orno, serta pimpinan dan anggota DPRD Maluku.

Mengawali penugasan Mitchiel Frits Leonard Tasaney sebagai anggota DPRD Maluku, Wakil Gubernur Barnabas Orno menekankan tiga hal. Satu, sebagai seorang politisi muda yang energi diharapkan cepat beradaptasi dengan tugas-tugas legislatif. Jangan segan untuk bertanya dan membuka diri guna berkomunikasi dengan semua pihak, baik internal maupun eksternal DPRD.

Sesungguhnya tugas bersama sebagai eksekutif dn legislatif sangat banyak. Antara lain, finalissi PI 10 persen Blok Masela, Maluku sebagai Lumbungkan Ikan Nasional (LIN), dan pembangunan New Ambon Port, serta agenda-agenda pembangunan strategis lainnya yang diperjuangkan bersama.

“Karena itu, kita butuh koordinasi, komunikasi dan kolaborasi baik antara eksekutif dan legislatif maupun stake-holder lainnya,”ucap Wagub.

Ia berharap sebagai orang daerah, harus berada dalam satu frekuensi yang sama, cara pandang harus sejalan, sebab apa yang diperjuangkan demi dan untuk kepentingn seluruh masyarakat Maluku yang ada di 11 kabupaten/kota.

Kedua, kepada lembga DPRD melekat tiga fungsi utma, yaitu fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Wagub berharap Misel yang baru dilantik tidak jemu-jemu belajar, sebab melalui proses belajar dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, akan membentuk pribadi yang matang dan dewasa dalam berpolitik.

Tiga , terdapat dua masalah kesehatan nasional yang masih dihadapi, yaitu munculnya varian baru omicron di Indonesia, serta pelaksanaan program vaksinasi ketiga covid-19 bagi kelompok rentang dan lansia, yang telah dicanangkan Presiden mulai tanggal 12 januari 2022.

Itu berarti, kata Wagub daerah harus segera melakukan langkh-langkah antisipasi, sekaligus mempersipkan masyarakat melalui himbauan dan sosialisasi.

Bersamaan dengan itu, lanjutnya pemerintah daerah terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan menggerakan roda pembangunan daerah. Kemudian aktivitas perekonomia harus kita tetap tumbuh yang ditandai dengan meningkatnya transaksi ekonomi dalam masyarakat. termasuk ekspor-impor daerah.

Sementara itu, Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury dalam sambutannya, mengiginkn kepada Misel yang baru diambil sumpah dan janji, sudah harus mempersiapkan diri mempeljari berbagai ketentuan dalam tata tertib yang menjadi pendoman dalam melaksankan tugas dan fungsi di dewan. Ingatlah rakyat memiliki harapan yang sangat tinggi kepada wakil-wakilnya untuk memperjuangkn aspirasi mereka.

“Ketika saudara memkanai sumpah dan janji yang disampaikan, maka keberpihakan kepada kepentingan masyarkat, bangsa dn negara, agar senantiasai mewarnai setip langkah juang kedepan,”pintanya.(ST01)