Pengurus Besar Persatuan Masyarakat Leawaka Haria Ambon Gelar Perayaan Natal

oleh -369 Dilihat

Ambon-,Suaratimurnews.com Pengurus Besar Persatuan  masyarakat Leawaka-Haria Ambon mengelar perayaan Natal  yang berlangsung di Gereja Maranatha  Ambon Jumat (10/12/2021).

Dalam reflesi natal  yang terbaca pada kitab Matius 1 18-25, Pdt S Gaspersz mengajak persekutuan Leawaka -Haria  perayaan Natal merupakan satu episode dari tiga besar menjelang kelahiran Yesus,yaitu  Maria mengandung sebelum menikah. Penyingkilan Yusup dan Maria mengungsi ke Mesir dan pembuuhan anak di Betlehem .

Momemtum Peristiwa kelahiran Yesus  pertama Maria dengar kabar hamil justru pada saat Maria dan Jusuf bertunangan , dalam situasi seperti ini bagaimana seorang wanita belum kawin sudan  hamil  bukan kabar yang membahagiakan tetapi membuat dia malu.”ucapnya. .

Dia mengaku dengan tekan dari masyarakat yang luat bisa,pada situasi ini, Maria memperlihatkan kekuatan  untuk menahan tekanan  dari masyarakat .Maria menyadari dengan kekuatan  adalah bagian dari rencana allah .

Saat ini persatuan keluarga besar masyarakat Leawaka-Haria  di ambon  ada 10 rayon dan ada berapa pontensi bagi orang Haria, sebagai pewarta keselamatan Allah menempatka kita dalam satu komunitas. Mari buka hati  untuk memberikan kesaksian menjadi berkat bagi banyak orang.

Kemudian kedua Yusup dan Maria menyingkir ke Mesir karena Tuhan suruh mereka  mengunsi  ke Mesir, negeri Haria ada di Saparua namun anak negeri Haria merantau dimana saja, dan mereka harus  tampil sebagai saksi  Kristus bagi banyak orang.

Ketiga pembunuhan anak di betlehem,  hari ini situasi sosial  politik budaya ekonomi dalam negara ini, mari kita lihat apakah generasi muda Haria yang berpotensi sedang di potong,.hendaknya  kita harus mempersiapkan mereka untuk tampil sebagai  pemimpin besar dalam negara . gereja  masyarakat dan lainnya.

Sementara itu  Ketua Panitia Arce dalam laporannya mengatakan dalam wadah ini semoga  persaudaraan   akan terus berlanjut .

Ketua Leawaka Haria Ambon Herman Hattu dalan pesan dan kesan natal menyebutkan sebagai perseatuan masyarakat Leawaka- Haria mensyukurinya lewat ibadah perayaan natal.

“Diharapkan juga untuk kita yang telah mengambil bagian dalam persekutuan ini agar bisa terus menyatukan hati lewat momen perayaan Natal hari ini,” harapnya.

Selain itu kata Hattu persatuan masyarakat Leawaka Haria  pusaka Ambon  akan mengelar Raker bulan Maret terutama pemuda dan mahasiswa itu potensi generasi muda yang akan kita kembangkan.

“Kita punya adat lahato telah dan membentuk tim khusus membantu  sehari berkorban untuk membantu rehabilitasi gereja Lahato. Mari kita bersatu dimana pun kita berada menyiapkan sumber daya untuk di kembangkan .

Pada kesempatan tersebut Pejabat Kepala Desa Haria Lusi Manuhutu  dalam penyampaian pesan dan kesan natal mengutarakan bahwa sesungguhnya  perayaan Natal Leawaka  Haria  membutuhkan kerendahan hati meskipun dalam situasi covid 19. namun natal memberikan harapan baru.”tandasnya .

Dia menambahkan peristiwa Natal menghadirkan  kita untuk saling memaafkan, menopang dalam sukacita bagi semua orang dan memberikan kekuatan baru bagi kita semua.”pungkasnya.(ST01)