Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemprov Maluku Kembali Rapat Bersama TGPP

oleh -174 Dilihat

Ambon, -Suaratimurnews.com  Pemerintah Provinsi Maluku menggelar rapat penilaian standar pelayanan publik terkait tugas pelayanan administrasi Pemerintah Daerah dan Pengawasan Ombudsman sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, di ruang rapat lantai 6 Kantor Gubernur Maluku, Rabu (25/8/2021).

Penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman perwakilan Maluku ini bertujuan untuk mendorong kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sebagai salah satu pengawas eksternal yang diamanatkan dalam UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Ombudsman mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan. Pelayanan publik yang dimaksud adalah memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan secara baik dan bermanfaat.

Hadir dalam rapat tersebut, Asisten 3 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku , Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Maluku, dan Ketua TGPP (Tim Gubernur Percepatan Pembangunan) Provinsi Maluku serta para pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Rapat tersebut difokuskan pada 3 OPD di lingkup Pemprov Maluku yang melakukan pelayanan publik langsung kepada masyarakat yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Terkait penilaian Ombudsman tersebut, akan dilakukan desk evaluation oleh Biro Organisasi Pemprov Maluku sehingga diharapkan kedepannya pelayanan publik dapat ditingkatkan dan memberikan kepuasan bagi masyarakat Maluku, dan Provinsi Maluku dapat keluar dari zona merah (tingkat kepatuhan rendah).

Sementara itu, di hari yang sama, Pemprov Maluku juga menggelar rapat asistensi Asisten 3 Setda Maluku terkait deadline program inovasi daerah, di ruang rapat lantai 2 Kantor Gubernur Maluku.

Rapat ini dipimpin oleh Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Sekda Maluku, serta dihadiri oleh Ketua TGPP Drs. Hadi Basalamah, M.Si dan DR La Ega dan Tim TGPP Provinsi Maluku dan pimpinan OPD di lingkup kerja Asisten 3 Setda Maluku.

Program inovasi yang diajukan oleh masing-masing OPD tersebut sebagai upaya guna meningkatkan pelayanan publik dan percepatan penanggulangan kemiskinan agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Maluku. (*)