Sambangi Empat Puskesmas Pj Walikota Pastikan Bulan Intervensi Serentak Stunting Berjalan Lancar

oleh -35 Dilihat

Ambon,-, Suaratimurnews.com Penjabat walikota Ambon Dominggus N Kaya menyambangi empat puskesmas di kota Ambon yakni, Puskesmas airsalobar,Benteng ,Waihaong dan Urimessing.Untuk memastikan kegiatan ini berjalan lancar, maka Pj Walikota Ambon turun langsung memantau pelaksanaannya , pada Rabu (3/7/2024)

Pj Walikota Ambon mengatakan ada banyak persoalan yang harus dilihat pada dilevel kebijakan ternyata di lapangan itu ada hal-hal yang sulit mereka selesaikan seperti NIK. terutama bayi-bayi dan anak anak kita yang orang tuanya belum menikah dan miliki KK.ataupun anak yang lahir di luar nikah, sehingga kesulitan untuk mengakses NIK.

Dia mengaku dalam sistem bernegara sekarang ini semuanya berbasis ke NIK, jika mereka tidak punya,maka akan kesulitan untuk mengakses instalasi kesehatan tetapi juga bantuan kesehatan yang akan diberikan.

Apalagi tidak adanya kelengkapan ini,mereka sering terisolir karena tidak mendapatkan -dukungan baik BPJS maupun bantuan lainnya dari pemerintah.lewat puskesmas dan posyandu.

Selain itu juga pada hari ini Kita juga mengumpulkan para lurah dan RT/ RW guna menggalang kebersamaan kerja bersama lintas sektor.dan dukungan semua stakeholder maka proses-proses di posyandu, puskesmas bisa berjalan dengan baik.”ujarnya.

Kenapa kita perlu melakukan itu dengan baik, karena di.posyandu bisa terlayani baik balita, ibu hamil lansia itu mereka yang ada dalam status-status rentang dan kondisi ekonomi juga tidak begitu baik sehingga Puskesmas dan posyandu menjadi alternatif yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan.”ungkapnya.(ST01)