Pj Walikota Ambon Hadiri Pembukaan Badar Klasis Pulau Ambon Utara 2024

oleh -34 Dilihat

Ambon,-Suaratimurnews.com Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena menghadiri acara pembukaan Baku Dapa Anak dan Remaja (Badar) V Tahun 2024 GPM Klasis Pula Ambon Utara (PAU), yang digelar di wilayah pelayanan Jemaat Palungan Kasih dan Jemaat Hila Tanah Putih selaku tuan rumah, Minggu (7/4/2024).

Diikuti anak dan remaja dari seluruh Jemaat di Klasis PAU, acara pembukaan juga dihadiri oleh Wakil Sekum MPH Sinode GPM, Pdt. Dr. R. Rahabeat, Ketua Klasis PAU, Pdt. Th. Effendy Usmany, 17 Ketua Majelis Jemaat, para kepala desa, dan Putri Indonesia Maluku Tahun 2024, Novita Pattipeilohy, yang diundang sebagai Tamu Jumpa Tokoh, dan para orang tua dari anak dan remaja anggota kontingen.

Badar dengan tema besar Generasi Alfa Harapan Masa Depan ini diikuti 221 anak dan remaja dari 17 kontingen, masing-masing beranggotakan 13 orang. Selama empat hari kegiatan, tanggal 7 s.d 10 April, mereka diagendakan berkolaborasi dalam berbagai kegiatan seni budaya dan aneka lomba untuk mengasah dan meningkatkan kapasitas serta potensi diri sesuai bakat dan minat masing-masing.

Wakil Sekum MPH Sinode GPM, Pdt. Rahabeat dalam sambutannya sebelum membuka Badar V Klasis mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk membangun generasi GPM yang berkualitas di masa depan.

“Kegiatan ini menunjukkan bahwa di tengah fakta generasi muda yang terpengaruh hal-hal negatif seperti narkoba dan pergaulan bebas, masih banyak anak-anak muda yang berprestasi positif,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Walikota Bodewin M. Wattimena mengatakan, Pemerintah kota Ambon mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Klasis PAU yang menyelenggarakan Badar V ini untuk pembinaan generasi muda kota Ambon dan Maluku pada umumnya.

“Apa yang dilakukan GPM ini menunjukkan kepedulian GPM terhadap pembinaan generasi muda menuju era Indonesia Emas tahun 2045,” katanya.

“Pemerintah berharap dalam Badar ini anak-anak kita dapat membangun rasa kebersamaan dan solidaritas yang baik,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Klasis PAU, Pdt. Th. Effendy-Usmani, STh. mengatakan, Baku Dapa Anak dan Remaja ini merupakan ajang untuk mengeksplorasi potensi yang dimiliki anak-anak dan remaja Gereja Protestan Maluku (GPM) agar mereka dapat meraih masa depan yang gemilang.

“Karena itu anak-anak dan remaja peserta Badar manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya,” katanya.

Generasi Alfa adalah kelompok demografi yang menyusul Generasi Z. Generasi ini lahir tahun 2013 ke atas. Mengambil nama dari huruf pertama dalam abjad Yunani, Generasi Alfa adalah orang-orang yang lahir sepanjang abad ke-21. Kebanyakan anggota Generasi Alfa adalah anak dari Milenial dan cucu dari “baby boomers”.

Acara pembukaan dimeriahkan tarian sambutan bagi para tamu utama dan devile tiap kontingen yang diisi berbagai tarian kontemporer termasuk orlapei, cakalele, dan toki gaba-gaba. (*)