Gubernur Harap Sinergitas Pemda & BPS Terus Terjalin Dalam Tugas Perstatiskan

oleh -111 Dilihat

Ambon -Suaratimurnews.com Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku, menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023, BPS Kabupaten/Kota Se-Provinsi Maluku, yang dilaksanakan di Bawah Sorotan Tema “Data Pertanian Terpadu Untuk Maluku Maju”, berpusat di Hotel Amaris Ambon, Senin (14/8/2023)

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali IE, M.SI, IPU yang ditandai dengan Pemukulan Tifa.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala BPS Provinsi Maluku Maritje Pattiwaellapia, SE., M.Si, Kepala Badan/Pimpinan OPD/Instansi Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, Kepala BPS Kabupaten/Kota se-Maluku, dan Kepala Bagian Umum dan Para Statistik Madya Lingkup BPS Provinsi Maluku, Pejabat Fungsional Ahli Madya dan unsur lainnya.

Dalam sambutan selamat datangnya, Kepala BPS Provinsi Maluku, menjelaskan, selama 2 Bulan sejak 1 Juni sampai dengan 31 Juli 2023, pencacahan lapangan sensus pertanian dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota di Maluku, dengan jumlah petugas sensus sebanyak 1885 petugas, yang dapat diselesaikan dengan tepat waktu.

“Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Provinsi Maluku, Kepala Dinas, Instansi, Akademisi dan Lembaga terkait, yang sudah memberikan dukungan penuh atas penyelenggaraan ST2023, serta kepada teman-teman BPS di Kabupaten/Kota yang sangat luar biasa, yang sudah bekerja keras mengawali kesuksesan pelaksanan ST 2023.” Ungkapnya.

Pattiwaellapia mengatakan, pelaksanaan lapangan telah berakhir, namun setelahnya masih ada proses lain yang harus dilewati untuk dapat menghasilkan output indikator-indikator pertanian di Maluku.

“Oleh karena itu, dirasa perlu untuk menyelenggarakan rapat ini demi mengevaluasi pelaksanaan lapangan sensus yang telah kita lakukan, memperluas wawasan terkait pertanian Maluku, serta membahas fenomena-fenomena dan temuan terkait kondisi pertanian di lapangan yang merupakan informasi krusial dalam mendukung data yang akan dihasilkan.” Tutupnya.

Di tempat yang sama, saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Maluku, Sekda menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, dirinya menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan Rapat Koordinasi Daerah ini.

“Evaluasi Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 Provinsi Maluku disaat ini, guna menghasilkan data yang berkualitas dalam Upaya perencanaan Pembangunan pertanian di Provinsi Maluku.” Ujarnya.

Ia mengatakan, BPS adalah lembaga yang sangat kompeten dalam pelaksanaan sensus maupun survei, dan sensus pertanian yang diselenggarakan memiliki tujuan untuk memotret perubahan struktur pertanian Indonesia dalam 10 tahun terakhir, menyediakan kerangka sampel untuk mengumpulkan data statistik pertanian yang lebih rinci, serta menyediakan data yang digunakan dalam rekonsiliasi statistik pertanian.

“Kegiatan ini memiliki misi besar yang berguna bagi negara Indonesia terutama Provinsi Maluku, yakni sebagai momentum perbaikan tata kelola basis data Pertanian terintegrasi dengan basis data petani, untuk mendukung agenda besar reformasi penyaluran subsidi pupuk perbaikan data terpenting, peningkatan kualitas pengumpulan statistik pertanian, serta mendukung transformasi sistem pertanian dan pangan di Indonesia

Selain itu sensus pertanian juga mengumpulkan data untuk memperkuat kebijakan pemerintah dalam merespon tekanan terhadap sistem pertanian dan pangan nasional.” Terangnya.

Pada kesempatan itu Gubernur dalam sambutan tertulisnya, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BPS Maluku yang telah banyak menghasilkan indikator makro, yang bermanfaat untuk kepentingan perencanaan monitoring dan evaluasi pembangunan di suatu wilayah, serta menjawab isu strategis terkini di sektor pertanian.

“Saya berharap kolaborasi dan sinergitas antar Pemerintah Daerah, terutama OPD terkait dengan BPS agar terus terjalin dalam pelaksanaan tugas-tugas perstatistikan di Provinsi Maluku.” Harapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan Tanda Penghargaan dari Pemerintah Daerah Provinsi Maluku kepada BPS Provinsi Maluku yang diserahkan oleh Sekda dan diterima oleh Kepala BPS Provinsi Maluku, Penyerahan Plakat dari BPS Maluku kepada Pemerintah Daerah, serta Penyerahan Penghargaan Progress Penyelesaian Tercepat Sensus Pertanian kepada BPS Kota Ambon dan Kabupaten Maluku barat Daya yang diserahkan oleh Sekda Maluku.

Untuk diketahui Rakor tersebut diikuti oleh 109 peserta, yang terdiri dari, 45 peserta dari BPS Maluku, 14 dari Dinas/OPD/Instansi/Akademisi Unpatti, dan 50 dari BPS Kabupaten Kota se-Maluku. (*)