Pemda Bursel & PA Namlea Bersama Kemenag Sepakat Teken MoU Sidang Terpadu Isbat Nikah

oleh -338 Dilihat

Namrole, -Suaratimurnewscom Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Provisi Maluku, Ruslan Makatita atas nama Bupati, Hj Safitri Malik Soulisa, sepakat teken Memorandum Of Understanding (MoU). Jumat 16/6/2023.

Penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan Pengadilan Agama (PA) Namlea, Kabupaten Buru bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bursel, Provinsi Maluku terkait dengan sidang terpadu isbat nikah.

Kesepakatan sidang terpadu isbat nikah tersebut berlangsung di Kantor Disdukcapil Namrole, Ibukota Kabupaten Buru selatan, Provinsi Maluku dalam rangka mensinergikan pelayanan kepada masyarakat yang berada di wilayah kabupaten kabupaten Bursel demi terciptanya tertib administrasi dan kepastian hukum terhadap status perkawinan.

Penandatanganan kesepakatan MoU berlangsung atas nama Pemda diwakili, Kadis Disdukcapil Bursel, Ruslan Makatita dengan Kepala Pengadilan Agama (PA) Namlea Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, Ny Siti Jainab Pelupessy berlangsung di Aula Kantor Disdukcapil.

Kadis Dukcapil, Ruslan Makatita yang kini menjabat Asisten I Pemda Bursel atas nama Bupati, Hj Safitri Malik Soulisa mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dari pengabdian agama namlea bersama Kemenag Bursel dalam mensinergikan pelayanan kepada masyarakat banyak di kabupaten Bursel, demi terciptanya tertib administrasi dan kepastian hukum terhadap status perkawinan di daerah ini.

Sambutan Kadis Dukcapil Bursel, Ruslan Makatita atas nama Bupati, Hj Safitri mengatakan, Dokumen kependudukan merupakan kebutuhan dasar dari syarat mutlak yang berstatus hukum sebagaimana peraturan Presiden RI bernomor 9 tahun 2018.

Kata Makatita, dengan adanya kerja sama ini merupakan, kolaborasi yang sinergitas antara Dinas Dukcapil dan Pengadilan Agama Namlea bersama Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bursel, dimana terkait dengan dokumen yang dikeluarkan oleh masing – masing instansi demi meningkatkan pelayanan publik” Ujar Kadis Dukcapil Bursel, Rusl Makatita yang kini juga menjabat Asisten I Pemda Bursel. (AK)