Latih Naluri Tempur dan Kesigapan, Lanal Aru Gelar Latihan VBSS

oleh -

Dobo,-Suaratimurnews.com Pangkalan TNI AL Aru menggelar latihan Visit Boarding Search And Seizure (VBSS) yang berlangsung di Kolam Syahbandar Dobo Kepulauan Aru. Rabu (24/11/2021). Latihan ini diikuti oleh Tim VBSS Lanal Aru.

Meskipun masih dalam situasi pandemik covid 19 tak menghalangi Prajurit Lanal Aru untuk melaksanakan pembinaan latihan. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kemampuan dan meningkatkan profesionalisme serta melatih kesigapan sebagai Prajurit matra laut.

Dalam latihan ini diawali dengan pembukaan dan pembekalan di Mako Lanal Batumeja dan dilanjutkan dengan praktek Tim VBSS dengan menggunakan Sea Rider bergerak menuju MT. Berkat Anugerah dengan simulasi pembebasan sandera.

Dalam acara pembukaan latihan VBSS, yang dibuka oleh Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr(Hanla)., M.M, di Mako Lanal Aru Batumeja, mengatakan bahwa perlunya latihan VBSS ini adalah untuk melatih dan mengasah naluri tempur sebagai Prajurit Matra Laut yang sewaktu-waktu siap menghadapi berbagai tindak pidana di laut.

Tidak lupa sebelum praktek VBSS, telah dilaksanakan pembekalan dengan beberapa materi serta drill kering dengan perlengkapan yang ada agar memahami tugas-tugas yang ada.

“Seluruh personel yang terlibat latihan agar serius dan semangat dalam mengikuti rangkaian latihan, secara teori maupun praktek lapangan. Selain semangat dalam mengikuti rangkaian latihan, tidak lupa perhatikan keamanan dan keselamatan.

Setiap instruksi dari instruktur atau pelatih agar diperhatikan dengan baik-baik,” jelas Komandan Pangkalan TNI AL Aru di akhir sambutan pembukaan.(*)