Sarana di Daop 9 Dinyatakan Layak Beroperasi Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

0
137

Foto : Pemeriksaan kereta api di Daop 9 Jember

SUARATIMURNEWS.COM ( BANYUWANGI)  -Selama tiga hari, mulai senin (15/10) sampai rabu (17/10), tim dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melakukan Rampheck pemeriksaan kelaikan Sarana Perkeretaapian menjelang angkutan Natal 2018 dan tahun baru 2019. Selama tiga hari tersebut, tim dari Ditjenka yang berjumlah lima orang memeriksa terhadap semua lokomotif dan kereta yang beroperasi di Daop 9 Jember.

Obyek yang diperiksa pada Rampchek tersebut meliputi pemeriksaan kondisi fisik dan administrqsi tiap lokomotif dan kereta. Pemeriksaan pada fisik kereta meliputi yaitu roda dan perangkat rangka bawah, clow (alat perangkai), rantai pengaman, kopler sambungan kereta dan kelistrikan. Sedang pada Lokomotif, yang diperiksa, antara lain GPS di lokomotif, seruling lokomotif, lampu sorot, wiper, deadman pedals, Apar dan speedometer.

Menurut Humas PT KAI Daop 9 Jember, Lukman, selain pemeriksaan fisik, Rampchek yang dilakukan tiap enam bulan sekali tersebut juga memeriksa tertib administrasi di Depo Kereta dan Depo Lokomotif yang ada di Banyuwangi dan Jember.

Dari pemeriksaan tersebut, tim dari Ditjenka menyatakan bahwa semua sarana di Daop 9 dinyatakan layak dan memenuhi standar keamanan dan keselamatan untuk beroperasi pada masa angkutan Natal 2018 dan tahun baru 2019.

Total sarana yang ada di Daop 9 Jember terdiri dari 10 Lokomotif dan 69 kereta yyang terdiri dari kelas eksekutif, bisnis serta kelas ekonomi.

Setiap hari, di Daop 9 Jember ada 8 keberangkatan KA jarak menengah dan jarak jauh serta 4 perjalanan KA Lokal Banyuwangi – Jember PP. (eko)

LEAVE A REPLY