Puskesmas Kencong Gelar Lomba Makanan Sehat, Untuk Cegak Bayi Stunting

0
52

SUARATIMURNEWS (JEMBER) – Upaya untuk mengurangi resiko Bayi mengalami Stunting, terus dilakukan oleh jajaran Dinas Kesehatan Pemkab Jember, salah satunya dengan memberikan makanan yang kaya akan protein dan gizi kepada anak-anak, untuk itu, melalui Puskesmas Kencong, Dinas Kesehatan Pemkab Jember menggelar lomba makanana sehat yang diikuti oleh ibu-ibu kader Posyandu yang ada di wilayah Kencong.

“Lomba makanan sehat ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama dalam pencegahan bayi stunting, oleh karena itu, kami menggelar lomba yang dibuat dan diolah dari bahan-bahan yang kaya protein, seperti buah-buahan dan sayuran,” ujar dr. Yuniarti Kepala Puskesmas Kencong pada Selasa (19/11/2019).

Yuniarti menambahkan, Selain lomba mengolah makanan sehat, peserta yang juga dituntut untuk menampilan makanan yang dapat menggugah selera anak yang tumbuh kembang untuk memakan makanan yang hendak di konsumsi.

“Jadi tidak hanya cara mengolah makanan saja, tapi juga cara penyajian, juga akan dinilai, karena anak-anak sangat suka akan tampilan sebuah makanan, jadi selain makanannya sehat, tampilan maupun penyajiannya juga harus se menarik mungkin,” beber Yuniarti.

Saat media ini mendatangi Kader Posyandu dari Desa Paseban, terlihat ada terobosan yang jarang ada di pasaran, yakni olahan makanan Es Krim yang terbuat dari daun kelor. “Kami menampilkan satu terobosan baru yaitu Es cream terbuat dari Daun Kelor, disini saya jelaskan karena daun kelor yang tinggi akan banyak Zat yang di butuhkan Tubuh juga kami mencari celah buat anak anak yang suka konsumsi es krim agar tetap bisa mendapat protein yang baik,” ujar Devit Aspri Kader Posyandu dari Desa Paseban.

Selain itu, dirinya berencana akan memasarkan es krim dari daun kelor ini ke masyarakat, selain rasanya, protein pada es krim dari daun kelor ini juga cukup tinggi. “Es Krim ini sangat bagus untuk tumbuh kembang anak,” ujar Devit sambil presentasi makanan. (*)

LEAVE A REPLY