Penertiban APK, Bilboard Paslon Nomor satu Banyak yang Diturunkan

0
105

Foto: Billboard yang ditertibkan

SUARATIMURNEWS.COM (BANYUWANGI) – Razia penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang pada Billboard di wilayah Kabupaten Banyuwangi, yang dilakukan oleh Banwaslu, Satpol PP dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Banyuwangi, Kamis (14/2) sekitar pukul 08.15 Wib.

Diikuti sedikitnya 25 orang yang terdiri dari 15 orang petugas dari Satpol PP, 3 orang petugas dari PU Bina Marga, 3 orang petugas dari Bawaslu dan Panwascam.

Sekitar pukul 08.30 Wib petugas gabungan dari Pol PP , Bawaslu, PU Bina Marga dan Panwascam bergerak menuju lokasi billboard yang terpasang di dekat Kampus Uniba di jalan Ikan Tongkol Kecamatan Banyuwangi. Sesampai di lokasi, Bilboard yang terpasang sudah tidak ada.

Petugaspun langsung bergerak menuju lokasi billboard di dekat patung kuda. Dilokasi tersebut petugas gabungan melihat adanya APK pasangan Capres dan Cawapres Jokowi – Ma’ruf Amin yang masih terpasang, kemudian petugas melepas dan menurunkan banner tersebut.

Setelah itu petugas melanjutkan ke lokasi billboard yang terletak dijalan S Parman,  Kelurahan Pakis Banyuwangi, di lokasi tersebut petugas menemukan  APK bergambar Banyu Biru salah satu Caleg DPR RI dari partai PDI-Perjuangan yang kemudian juga diturunkan.

Selesai menurunkan APK tersebut petugas langsung menuju lokasi billboard yang terletak di jalan raya Rogojampi Kecamatan Rogojampi. Di lokasi tersebut petugas kembali menemukan APK gambar pasangan Capres dan Cawapres no 1 Jokowi Ma’ruf Amin yang juga langsung diturunkan.

Setelah itu razia tersebut dilanjutkan ke lokasi billboard depan kantor DPC PKB Kelurahan Dadapan, Kecamatan Kabat. Kembali petugas menemukan APK gambar pasangan no 1 Jokowi Ma’ruf Amin yang masih terpasang dan kemudian diturunkan.

Selanjutnya petugas meneruskan razia di lokasi billboard jalan raya Wongsorejo Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo di sana petugas juga menemukan APK gambar pasangan no 1 Jokowi Ma’ruf Amin yang juga diturunkan.

Sekitar pukul 15.30 Wib Kegiatan razia penertiban APK yang terpasang pada Billboard di wilayah Kab Banyuwangi selesai.

Menurut Anang Lukman, Sos. Divisi Penindakan Pelanggaran Banwaslu Banyuwangi, kegiatan ini dilakukan dalam rangka penertiban APK yang menyalahi ketentuan berdasarkan surat Banwaslu RI No 1990 tahun 2018 tentang pengawasan metode kampanye pemilu 2019.

“Mengenai penertiban APK di Bilboard berbayar ada pada point ke 7” kata Anang.

Lanjutnya, razia penertiban ini dilakukan di sembikan titik yang ada di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

“Penertiban ini untuk semua yang ada di Bilboard, kebetulan yang terbanyak APK pasangan nomer urut 01 ,” kata Anang. (guh)

LEAVE A REPLY