Pemkab Jember Sinergi dengan Angkot dan Ojek Pengkolan Antar Siswa Sekolah Secara Gratis

    0
    18

    SUARATIMURNEWS (JEMBER) – Guna memberdayakan pengemudi konvensional, Pemkab Jember memiliki cara tersendiri, ratusan pengemodi angkot dan ojek konvensional digandeng untuk mengantarkan ribuan pelajar yang ada di Kabupaten Jember, hal ini wujud dari penyediaan angkutan gratis bagi pelajar yang dituangkan dalam Perbup no. 43 dan 44 tahun 2019 tentang penyediaan angkutan kota, angkutan desa dan ojek pengkolan.

    “Hari ini kita launching angkutan gratis untuk pelajar yang ada di Jember, dengan melibatkan pengemudi angkot, angkudes dan juga abang ojek, mereka kita tugasi untuk mengantar ribuan pelajar di Jember yang meliputi anak yatim, yatim piatu, tidak mampu dan juga para pelajar yang hafal Al Quran,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR Selasa (5/11/2019).

    Bupati menjelaskan, penyediaan angkutan gratis ini, bertujuan untuk memudahkan orang tua, agar tidak disibukkan dengan pendidikan anaknya, selain itu, juga untuk mengurangi anak-anak menggunakan kendaraan sendiri yang mengakibatkan terjadinya laka lantas.

    “Para pelajar yang terdiri dari anak yatim, yatim piatu, anak tidak mampu dan juga pelajar yang hafal Al Quran kita data dan kita beri kupon secara gratis, kupon ini nanti akan diberikan ke abang ojek maupun pengemudi angkot, dan pengemudi angkot dan ojek bisa menukarnya ke Dinas Perhubungan,” beber Bupati.

    Data yang diterima media ini, jumlah pelajar yang mendapat kupon angkutan gratis mencapai 1085 pelajar, dengan rincian 820 pelajar yatim, 190 pelajar piatu, 68 pelajar yatim piatu, dan 7 pelajar hafial Al Quran.

    Sementara dari Abang Ojek dan pengemudi angkot yang dilibatkan untun angkutan pelajar gratis ini terdiri dari 567 abang ojek pangkalan, 229 pengemudi angkot, 91 pengemudi angkudes dan ratusan pemilik angkot dan angkudes.

    “Mereka nanti akan beroperasi dari jam 6 sampai jam 8 pagi saat berangkat sekolah untuk dan jam 2 sampai jam 4 saat pulang sekolah, setiap siswa akan mendapatkan 400 kupon yang berlaku selama 39 hari dengan nilai 800 ribu,” pungkas Bupati Jember.

    Launching angkutan gratis ini sendiri dilakukan di alun-alun Jember dengan dihadiri oleh Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. La Ode M Nurdin, Kasatlantas Polres Jember AKP. Edwin Nathanael SH. SIK, dan ribuan pelajar (*)

    LEAVE A REPLY