Kejaksaan Awasi Sekolah Yang Nekat Tarik Pungutan Berbentuk Sumbangan

0
1090

Foto: Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Bagus Nur Jakfar Adi

SUARATIMURNEWS.COM (BANYUWANGI) – Kabar banyaknya wali murid di sejumlah sekolah SDN, SMPN dan SMAN yang mengeluhkan adanya tarikan berbentuk sumbangan sukarela dari sekolah yang memakai surat pernyataan tidak keberatan terhadap sumbangan tersebut langsung ditanggapi oleh kepala dinas pendidikan Sulihtyono, Spd.

Kepada harian Pagi Memo Timur Sulihtyono menyampaikan akan segera memanggil dan merapatkan semua kepala sekolah untuk menanyakan langsung kebenaran berita tersebut. Bahkan Sulihtyono mengatakan tidak segan segan memberi sanksi tegas kepada kepala sekolah yang nekat melakukan penarikan dengan alasan apapun.

“Semua aturan sudah jelas, kita tidak akan mentoleransi pungutan yang tidak jelas dan tidak sesuai atau melanggar peraturan. Yang bandel akan kita beri sanksi tegas,” kata Sulihtyono

Sementara itu Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Bagus Nur Jakfar Adi juga memberikan pernyataan tegas terkait adanya keluhan tentang keresahan wali murid yang sudah ramai dibicarakan dikalangan masyarakat.

“Kita sudah beberapa kali mendapat informasi terkait hal tersebut, dan beberapa hasil pantauan tim intelijen Kejaksaan, masyarakat golongan menengah ke bawah merasa keberatan tapi mereka tidak berani menolak karena takut ada diskriminasi,” kata Bagus.

Bagus menuturkan, pihak Kejaksaan sudah mulai membenahi membuat inovasi mulai dari penggunaan dana BOP dan Dana BOS. Terbaru keluhan masyarakat Banyuwangi adalah terhadap penggalangan dana melalui komite atau paguyuban yang sudah ditaraf meresahkan, utamanya masyarakat menengah ke bawah.

Hal ini berimbas pada inti azas gotong royong yang diusung Permendikbud yang seharusnya penggunaan dana pungutannya diawasi bersama dan disikapi dengan bijak karena jika diteruskan akan menimbulkan perbedaan antara satu dengan yang lain, atau terjadi jurang pemisah antara si mampu dan tidak mampu.

=”Jangan sampai hal ini jadi modus tipikor gaya baru pungli terselubung. Kejaksaan akan terus mengontrol dan mengawasi serta tidak segan segan memproses jika ditemukan pelanggaran hukum,” kata Bagus tegas (win)

LEAVE A REPLY