Jadikan Ekonomi Kerakyatan PP Sebagai Percontohan

0
164

foto: Suasana Festival Ekonomi Kerakyatan Pancasila di Desa Telemung Kecamatan Kalipuro Banyuwangi

SUARATIMURNET.COM (BANYUWANGI) – Gelaran Festival Ekonomi Kerakyatan Pancasila yang dilaksan akan oleh Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Banyuwangi merupakan salah satu bukti perubahan stigma sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas) yang biasa menggelar acara yang parsial.

Menurut Sahlan Husain, salah seorang pengurus Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP Provinsi Jawa Timur (Jatim), pihaknya memberikan apresiasi kepada jajaran pengurus MPC PP Banyuwangi yang mampu menggelar festival ekonomi kerakyatan.

“Ini akan kami jadikan proyek percontohan bagi MPC kabupaten/kota di Jatim. Makanya kami merasa perlu hadir dan menyaksikan langsung kegiatan festival ekonomi yang pertama digelar oleh pengurus PP kabupaten/kota di Jatim,”jelasnya.

Sementara Zamroni, Ketua MPC Pemuda Pancasila Banyuwangi mengungkapkan kegiatan yang digelar merupakan salahsatu bentuk sinergitas Pemuda Pancasila dengan pemerintah daerah dalam mendorong ekonomi kerakyatan sekaligus memperingati Hari Kesaktian Pancasila, yang diperingati setiap 1 Oktober.

Berbeda festival kebanyakan, Festival Ekonomi Kerakyatan Pancasila yang baru pertama kali digelar diharapkan mampu memberi kontribusi pada tumbuh kembangnya ekonomi rakyat di pedesaan, termasuk menjadi wujud dukungan PP Banyuwangi pada kesuksesan pengembangan sektor pariwisata Banyuwangi.

Lebih lanjut ayah tiga putri itu menuturkan selain menggelar pameran khas masyarakat Bumi Blambangan, dalam festival tersebut pihaknya juga menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik dan pembuatan pakan ternak fermentasi. Tidak ketinggalan, sebagai hiburan panitia pelaksana juga menyajikan aneka macam macam seni budaya Banyuwangi.

“Kegiatan ini kami gelar sebagai bentuk sinergitas Pemuda Pancasila Banyuwangi dengan pemerintah daerah dalam mendorong ekonomi kerakyatan sekaligus memperingati Hari Kesaktian Pancasila, yang diperingati setiap 1 Oktober,” jelasnya.(nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here