Hanya Berharap Belas Kasih Tetangga, Mbah Babun Melawan Penyakit Stroke

0
31

SUARATIMURNEWS (JEMBER) – Hidup dibawah keberuntungan baik secara ekonomi dan kesehatan, harus dijalani Mbah Babun (55) warga Dusun Sumberbulus Desa Darungan Tanggul Jember, Mbah Babun yang selama ini hidup sendiri setelah suaminya dipanggil sang Kuasa dan tidak dikaruniai anak, harus bertahan hidup dengan segala ketidak beruntungannya.

“Saya terkena stroke sudah 5 tahunan, selama ini bisa makan ya dapat bantuan dari tetangga, kadang 10 ribu kadang ya 5 ribu, tapi juga pernah di kasih oleh orang seberang suangi 50 ribu, tapi lebih banyak 10 ribu, ya tetep disyukuri, mau bagaimana lagi, mau kerja juga sudah tidak bisa,” ujar Mbah Babun dengan logat madura.

Selain itu, untuk keperluan mandi, mbah Babun juga harus menggantungkan orang lain, selain agak jauh dari rumahnya, jalan setapak menuju sumber mata air juga tidak memungkinkan untuk dilaluinya, walau hanya berjarak tidak lebih 100 meter.

“Kalau mau mandi, minta tolong anak-anak yang lewat untuk mengambilkan air, dengan memberi ongkos 2 ribu, mau ke sungai sendiri tidak bisa, karena jalannya curam, apalagi kaki satunya juga sudah mulai linu-linu tidak bisa digerakkan,” ujar Mbah Babun.

Kondisi tempat tinggal Mbah Babun juga sangat tidak layak untuk dihuni, rumah petak yang dindingnya terbuat dari anyaman bambu dan berlantaikan tanah ini, selain sebagai tempat tidur, juga ia jadikan kandang ayam.

“Kalau tidur ya disini, jadi satu dengan tempat memasak, ayampun juga saya taruh disini, kalau dibiarkan di luar, kadang dimakan biawak,” ujarnya.

Sementara Maskur ketua Rt. 1 Rw. 8 Dusun Sumberbulus Desa Darungan yang juga tetangga Mbah Babun, kepada wartawan media ini mengatakan, bahwa memang selama ini Mbah Babun hidup sendiri, selain tidak punya keturunan, suaminya juga sudah lama meninggal, untuk kebutuhan sehari-hari hanya mengandalkan belas kasih dari tetangganya.

“Dulu pernah saya usulkan ke desa untuk mendapatkan bantuan, tapi sampai sekarang masih belum ada tanggapan, saat ini saya juga mengusulkan kembeli ke desa, mudah-mudahan segera ada penanganan, apalagi mbah Babun sudah 5 tahun terkena stroke, sehingga tangannya tidak bisa digerakkan,” pungas Maskur. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here