DPC Paveti Jember, Lumajang dan Situbondo Dikukuhkan, Ini yang Perlu Diketahui Masyarakat

0
118

SUARATIMURNEWS (JEMBER) – Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Paramedik Veteriner Indonesia (Paveti) melantik pengurus DPC Paveti tiga kabupaten, diantaranya Jember, Lumajang dan Situbondo, Senin (9/9/2019) di Aula  Rumah Makan Pangestu Perumahan Gunung Batu Jember.

Pelantikan yang dipimpin langsung oleh ketua Umum DPP Paveti Wijayati Andadari SE. Selain dihadiri oleh pengurus DPC tiga kabupaten, juga dihadiri oleh Dinas Peternakan Jember , PTSP ,  PDHI Jember serta wakil Parmedik Veteriner dari kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Probolinggo.

“Hari ini kita lantik pengurus DPC Paveti dari tiga kabupaten yakni Jember, Lumajang dan Situbondo, juga dihadiri perwakilan dari 3 kabupaten lainnya, yakni Banyuwangi, Bondowoso dan Probolinggo, ketiga perwakilan ini hadir, karena belum ada pengurusnya, sehingga saat ini masih bergabung dengan DPC yang terdekat,” ujar Andadari kepada wartawan.

Andadari mengatakan, bahwa dengan dilantiknya pengurus DPC Paveti ini, diharapkan kehadirannya bisa membantu pemerintah dalam mewujudkan swasembada ternak, karena selama ini tidak banyak orang yang tahu Paramedik  Veteriner (mantri hewan) ini. kehadirannya ditengah masyarakat sangat membantu.

“Masyarakat selama ini hanya tahu kalau hewan sakit, diperiksakan ke dokter hewan, itupun kebanyakan adalah hewan-hewan piaraan atau pet, sedangkan hewan-hewan ternak, hanya dibawa ke dokter hewan ketika hewannya sakit, padahal paramedik Veteriner atau mantri hewan itu secara umum tugas pokoknya adalah melaksanakan kegiatan pembangunan peternakan, pengendalian Penyakit hewan serta pengamanan produk, dengan demikian Anggota Paramedik Veteriner (PAVETI) dapat di anggap sebagai jembatan antara Peternak dengan sumber teknologi, Peternak dengan pihak swasta dan perusahaan, Peternak dan Pemerintah sebagai sumber kebijakan dan bahkan antar kelompok kelompok peternak itu sendiri ,” beber Andadari.

Andadari menjelaskan, keberadaan Paramedik Veteriner sebagai suatu profesi belum begitu di kenal ditengah masyarakat Namun aktivitasnya sebagai salah satu unsur pelaksana teknis dalam pembangunan peternakan dan kesehatan hewan dan upaya pengendalian hama dan pengakit hewan serta pengamanan produk  perlu  di bangkitkan profesionalbya agar mampu menjadi tenaga-tenaga pembangun yang tanggap dan terpercaya, selain itu keberadaan Paramedik Veteriner sangat membantu, diantaranya meningkatkan swasembada ternak maupun daging.
Keberadaan Paramedik .

“Ada Paramedik Veteriner ATR, yaitu Asisten Teknis Reproduksi, ada Paramedik Veteriner PKB yang menangani Kebuntingan, dan Veteriner IB yaitu Inseminasi Buatan, dan masih banyak lagi Paramedik Kompetensi lain ,  ini yang selama ini belum diketahui oleh masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu Pamaedik Veteriner seluruh Indonesia  menghimpun diri dalam satu wadah organisasi profesi  Pavetik dengan memiliki kode etik sebagai landasan moralitas dan AD/ART sebagai landasan organisasi dan Program sebagai landasan Operasionalnya. (*)

LEAVE A REPLY