Aston Banyuwangi Kurangi Penggunaan Sedotan Plastik

0
226

SUARATIMURNEWS.COM – Sampah plastik masih menjadi masalah besar dalam pencemaran lingkungan. Setidaknya sebanyak 6 juta sedotan plastik mengotori pantai dan laut di bumi. Terlebih sedotan plastik sendiri sulit terurai di alam.

Di Indonesia ada 1,29 juta ton sampah plastik pertahun atau kurang lebih 93,2 juta dalam sehari berdasarkan data dari Divers Clean Action. Menyadari hal tersebut, Aston Banyuwangi mengkampanyekan pengurangan penggunaan sedotan plastik dan menggantinya dengan sedotan kertas.

“Kami akan pelan-pelan mengganti penggunaan sedotan plastik dengan sedotan kertas, menjelaskan kepada tamu dan mengajak mereka turut berpatisipasi dalam kampanye ramah lingkungan.” Ujar Cahya Restu Fujiyama, Public Relations Officer Hotel Aston Banyuwangi.

Sebagai bagian dari kampanye ramah lingungan, pergantian sedotan plastik ini ke bahan kertas ini memiliki bisa didaur ulang atau bahkan dikomposkan. Hal lainnya bahwa sedotan plastik memiliki warna dan motif yang beragam sehingga ini juga akan meningkatkan estetika sajian menu itu sendiri.

“Jika tamu ingin menggunakan sedotan maka kami akan dengan senang hati menawarkan sedotan kertas ramah lingkungan ini. Kami berharap kampanye ini akan terus berjalan dan mendorong masyarakat untuk bersama-sama mencintai lingkungan,” tambah Cahya.

Langkah ini diharapkan pula dapat menciptakan dampak baik bagi lingkungan serta mengantisipasi ancaman keselamatan khususnya bagi hewan-hewan laut karena banyak sekali sampah sedotan yang berakhir menjadi sampah plastik yang mengotori laut. Dan pada  akhirnya akan berbahaya pula bagi manusia yang mengonsumsinya. (HEI)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here